selamat datang **** sugeng rawuh **** ahlan wa sahlan **** http://www.facebook.com/pustakawankaranganyar **** deche.ygo@gmail.com

Tuesday 25 December 2012

Berita 12/06/2012 0 comments » FGII Datangi MUI Jabar Terkait Buku tak Layak Baca

BANDUNG,.- Terkait ditemukannya buku bacaan yang tidak layak baca bagi anak Sekolah Dasar, Federasi Guru Independen Indonesia (FGII) mendatangi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat, Jalan LLRE Martadinata, Bandung, Selasa (12/6).
Menurut Dewan Pembina FGII Cabang Kota Bandung, Asep Tapip, FGII meminta MUI Jabar untuk segera melakukan tindakan terkait dengan masalah ini. “Bila perlu MUI mengeluarkan fatwa haram untuk buku-buku tersebut,” ucapnya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) FGII Iwan Hermawan mengatakan, sebanyak lima buah buku ditemukan di beberapa SD di Kota Bandung. Akan tetapi, dari kelima buku tersebut yang sudah dikaji hanya tiga. Tiga buku yang dibawa FGII ke MUI Jabar adalah “Tambelo, Kembalinya Si Burung Camar”, “Tidak Hilang Sebuah Nama”, dan “Ada Duka Di Wibeng”.
“Saya sesalkan kenapa yang berwenang, Pusat Buku Nasional, melegalkan begitu saja tanpa mengkajinya lebih dalam. Apa hanya sekadar proyek?” kata Iwan.
Iwan mengungkapkan, masalah ini harus segera dituntaskan karena dari mulai cover hingga isi buku tersebut berpotensi menimbulkan konflik sara. Menurutnya, dalam salah satu bukunya itu terdapat isi yang mempertanyakan tentang keberadaan Tuhan serta membawa unsur agama Islam.
Sementara itu, Sekretaris Umum MUI Jabar Rafani Achyar menuturkan, sangat banyak ditemukan unsur kekeliruan terkait masalah ini, yaitu unsur penghinaan agama, komunisme, serta pornografi. “Dalam buku tersebut terdapat unsur-unsur agama Islam dan dalam pembuatan buku itu seharusnya agamawan baik dari MUI ataupun yang lainnya turut dilibatkan agar tidak terjadi hal seperti ini lagi,” katanya. (CA-14/CA-07)***

sumber: DuniaPerpustakaaN.Com 

No comments:

Post a Comment

Masukan dan Nasihat dari Sobat Pustaka adalah apresiasi untuk kami.